Install Printer Canon IP2770 di Ubuntu 12.04


Tutorial langkah-langkah installasi printer CANON IP2770 di OS Ubuntu 12.04. Sebelumnya saya sudah menghubungkan usb printer dan menyalakan power, kemudian masuk ke menu System - Preference - Printers , lalu menginstall dengan driver bawaannya ubuntu dan berhasil. Setelah saya coba ternyata hasil cetakannya kurang memuaskan, warnanya kurang tebal dan tampak pecah pecah gambar hasil cetakannya. Kemudian saya coba otak atik di settingan printernya tetap saja tidak mau.
Untuk memaksimalkan kinerja printer CANON IP2770 lebih baik menginstall driver dari canon, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Jika anda terlanjur menginstall dengan driver bawaannya ubuntu, masuk ke menu System - Preference - Printers, kemudian remove dahulu printer yang sudah terinstal.
  • Download driver printer canon ip 2770i dari situs resminya DISINI
  • Setelah selesai mendownload, buka terminal dan masuklah ditempat dimana lokasi driver tadi dengan perintah cd nama_folder (nama folder anda), 
  • Kemudian ekstraklah dengan perintah tar xvf cnijfilter-ip2700series-3.30-1-i386-deb.tar.gz
  • Masuklah ke folder cnijfilter-ip2700series-3.30-1-i386-deb kemudian ke folder packages dengan perintah diterminal cd cnijfilter-ip2700series-3.30-1-i386-deb/packages
  • Kemudian Install Paketnya dengan perintah sudo dpkg -i *.deb
Kemudian hubungkan dan nyalakan power printer. Setelah itu masuk ke menu System - Preference - Printers , kemudian cobalah untuk Mengetest Printer dengan Print Test Page.
Semoga Bermanfaat.

4 comments:

  1. Makasi tutornya boss, kebetulah beli printer baru nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan... terima kasih sudah mampir ke blog ane... .

      Delete
  2. Terimakasih tutorialnya sangat membantu untuk pemula seperti saya :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak. Rencana mau beli print

    ReplyDelete