Tips Ketika Hari Pelaksanaan Ujian SNMPTN

Penghitungan nilai SNMPTN menggunakan sistem :
  • benar bernilai 4
  • tidak menjawab bernilai 0, dan 
  • salah bernilai -1 (minus satu). 
Karena sistem penilaian ini yang membuat SNMPTN berbeda dengan ujian-ujian lainnya ketika masih duduk di bangku sekolah, banyak peserta yang menjawab semua soal, walaupun tidak memahami soal tersebut atau dengan kata lain menjawab dengan tang-ting-tung atau "menghitung kancing".

Selain masalah penilaian di atas, peserta sering kali lupa akan tingkat sensitivitas lembar jawaban ujian. Lembar jawaban ujian SNMPTN adalah lembar jawaban komputer yang artinya akan diperiksa oleh komputer.  
  • Perlu diingat bahwa komputer tidak bisa membaca lembar jawaban kotor, basah dan terlipat. 
  • Tingkah laku peserta ketika ujian juga ternyata memiliki pengaruh dalam penilaian
  • Di setiap ruang ujian, ada 2 pengawas ujian yang mengawasi jalannya ujian. Mereka memiliki hak pengawasan ruangan dan juga melaporkan melalui berita acara pelaksanaan ujian. 
  • Jika mereka melihat hal yang ganjil selama berlangsungnya ujian, bahkan keterlambatan yang luar biasa (biasanya 30 menit dan selebihnya setelah ujian dimulai), mereka akan menuliskan di berita acara untuk diserahkan kepada panitia SNMPTN.
Sebelum hari H, sebaiknya pola makan diatur, jangan makan sesuatu yang dapat membuat sakit perut misalnya, kayak makan sambal terlalu banyak. Trus jangan juga bepergian terlalu jauh dan sering, karena biasanya pas musim2 ujian, juga musim2 kecelakaan. Dan jangan lupa minta doa restu ortu tentunya, guru, tentor, keluarga, dst.

Untuk meminimalisir kesalahan yang kerap terulang, beberapa tips yang bisa digunakan :
1. Buat list barang-barang / alat tulis yang harus dibawa. misal nomor ujian, alas, pensil 2, pulpen 2, penghapus 2, rautan, air minum, permen. Dan ketika hari H, jangan lupa di cek lagi. Note: sesuatu yang manis, permen atau coklat misalnya, dapat mengurangi nervous.

2. Datanglah ke lokasi ujian setidaknya 30 - 60 menit sebelum ujian dimulai (tertera pada jadwal). Lebih baik menunggu di lokasi ujian dari pada telat. bagi yang belum mengetahui lokasi ujian, dianjurkan untuk survey sehari sebelum ujian dilangsungkan.

3. "rajin-rajinlah" ke toilet sebelum tes, karena biasanya selama tes dilarang keluar kelas dengan alasan apapun.

4. Gunakan papan alas ketika mengisi lembar jawaban ujian.

5. Perhatikan PERINTAH pengawas ujian sebelum ujian dimulai

6. Jaga baik-baik kebersihan lembar jawaban ujian. Apabila kotor atau terlipat atau rusak, segera laporkan ke pengawas ujian dan minta lembar jawaban pengganti.

7. Perhatikan baik-baik perintah yang ada di lembar jawaban ujian mengenai pengisian lembar jawaban ujian.

8. Ketika ujian berlangsung, kerjakan soal-soal yang anda kuasai dan yakin untuk dikerjakan. Jika tidak menguasai soal, sebaiknya jangan mencoba-coba. Ingat, satu soal salah akan menurunkan nilai anda. Satu lagi, ketidakyakinan anda terhadap satu jawaban yang telah diisi di lembar jawaban ujian akan membuat anda cenderung untuk menghapus dan menggantinya. Semakin sering anda mengganti, lembar jawaban ujian akan semakin cenderung kotor dan rusak.

9. Apabila anda sudah selesai mengerjakan sebelum waktu ujian berakhir, tetaplah menunggu di ruangan, teliti jawaban lagi dan jangan melakukan hal-hal yang mengganggu ketenangan ruangan atau yang mengundang kecurigaan pengawas ujian.

SELAMAT BERJUANG DAN SUKSES UNTUK PESERTA SNMPTN
99% ADALAH IKHTIAR 
1% ALLAH YANG MENENTUKAN
SEMANGAT CALON PEMIMPIN MASA DEPAN INDONESIA


No comments:

Post a Comment